Kometzone's Blog

November 6, 2008

Masalah

Filed under: Renungan — kometzone @ 8:45 pm

Setiap orang pasti punya masalah. Setiap hari kita pasti berhadapan dengan masalah, bisa kita yang dapat masalah, bisa kita yang buat masalah, bahkan bisa jadi kita ini sumber masalahnya. Masalah terbesar adalah kalau kita tidak tahu ada masalah atau kita merasa tidak punya masalah.
“Masalah” dalam bahasa yunani adalah “proballein”, kalo ditilik lebih jauh bermakna positif.”pro” berarti maju, sedang “ballein” berarti bergerak. jadi sebenarnya masalah adalah sebuah kesempatan untuk maju dan berkembang.Dengan seringnya seseorang berjumpa dengan masalah, dan orang tersebut dapat mengambil setiap hikmah dari masalahah yang dihadapi, maka dia akan lebih berkembang dan bisa lebih maju.
Sample case, pengalaman lebih diutamakan saat perusahaan mencari pekerja.Kenapa berpengalaman? karena kata pengalaman berarti orang yang telah melewati berbagai macam masalah, dan berhasil menghadapainya. Banyak orang yang menjadi tangguh, luar biasa atau pun hebat ketika dia berhasil mengatasi atau menyelesaikan suatu masalah, maka orang ini akan disebut mempunyai pengalaman. Orang yang mempunyai pengalaman akan bernilai jual tinggi.
Anda akan senang untuk berdiskusi dengan seorang yang bijak bukan? Bagaimana orang tersebut bisa menjadi bijak, karena dia bisa mengatasi dan menyelesaikan semua permasalahannya. Orang bijak sangat di hormati orang, jadi orang yang mempunyai masalah berpotensi untuk jadi orang yang di hormati jika siap menghadapi dan mampu menyelesaikannya.
Masalah yang kita hadapi sebenarnya menunjukkan “level” kita. Siapa diri kita sebanding dengan masalah yang kita hadapi. Tuhan tidak akan memberikan cobaan melampaui kekuatan kita untuk mengatasinya, dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Cobalah kita akrab dengan masalah, karena itu akan membuat kita lebih kuat dan bertahan. Masalah bisa jadi salah satu hal yang bisa memotivasi kita. Masalah juga bisa diartikan sebagai ujian. Kenyataan bahwa emas yang indah berawal dari gumpalan batu yang dipukul, dibelah, dipanaskan, ditempa. Santan putih bersih yang berasal dari kelapa yang dijatuhkan, dijambak, dibelah, diparut, diremas. Itulah ujian, itulah masalah.
“Masalah sebenarnya guru sejati yang seringkali kita abaikan” Tanpa terasa kita sudah belajar mengatasi banyak masalah, tapi banyak yang tidak ingat itu semua. Kita pernah bingung dan stres dibuatnya, tapi kenyataannya kita dapat melaluinya. Atau malah mungkin sudah lupa terhadapnya. Tak satupun manusia jika ditanya menginginkan sebuah masalah terjadi didepan matanya. Semua pasti menginginkan yang indah dan kehidupan yang normal-normal saja. Tapi manusia hidup tak luput dari permasalahan.
“Masalah tidak untuk dihindari tetapi untuk diselesaikan, semakin banyak masalah yang bisa kita selesaikan, semakin tinggi nilai diri kita” Semoga kita selalu siap dan berhasil dalam menyelesaikan setiap masalah. Saya siap menghadapi masalah, karena itulah sebuah kesempatan untuk membuat saya lebih baik.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: