Kometzone's Blog

December 20, 2008

Judgement

Filed under: Renungan — kometzone @ 8:47 pm

Kemaren malem aku chat ama temen yang katanya lagi patah hati. Dia men-judge cowoknya brengsek dan dia mencibir dengan berkata “emang dia ga tau apa kalo ada karma?”. Disini aku tidak ingin membahas masalah dia, yang ingin aku bahas lebih mengenai kenapa orang (termasuk aku) suka menilai apalagi men-judge bahwa aku lebih baik dari dia? Apa bedanya seseorang yang dalam hatinya berbisik men-judge buruk orang lain melalui kaca mata dirinya yang mungkin berbeda karena nilai-nilai yang dianut orang lain itu berbeda dengan nilai yang dirinya anut? kecuali demi satu keuntungan yaitu niat buruk yang terpendam dalam hatinya. Entah Anda setuju atau tidak?

“Seorang terpelajar seharusnya mampu berlaku adil sejak dalam pikiran…”.
(Pramoedya Ananta Toer).

Alangkah indah jika kita mau menjadi hakim pada diri kita sendiri sebelum kita menghakimi orang lain karena tujuan sebenarnya yang kita cari adalah sebuah kebenaran dan bukan suatu pembenaran.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

