Kometzone's Blog

May 16, 2013

Rayon Spandex dan perawatannya

Filed under: Fashion — kometzone @ 3:37 pm

Rayon Spandex adalah jenis kain yang proses pembuatannya menggunakan teknik blended dimana kain ini merupakan perpaduan antara serat rayon dan serat spandex.

Pada awalnya, MISLA ingin mengeluarkan produk basic series dengan bahan yang lebih halus dan kualitas yang lebih bagus dibanding produk basic yang ada dipasaran saat ini. Setelah mempelajari berbagai macam karakteristik serat, MISLA menginginkan bahan tersebut berkarakteristik Rayon dan bisa meregang. Pilihan jatuh kepada Bahan dengan jenis Rayon Spandex karena karakteristik dari Serat Rayon dan Serat Spandex yang sangat luar biasa. Setelah survey di banyak toko kain di tanah abang, cipadu, dan mayestik, MISLA memilih bahan Rayon Spandex jenis premium/super yang memiliki komposisi serat Rayon 95% dan serat Spandex 5%. Iya, Spandex 5% sudah lebih dari cukup untuk estimasi peregangan yang dibutuhkan dari produk MISLA ini.

Setiap produk dengan kualitas yang bagus pasti membutuhkan perawatan yang lebih extra ordinary dibanding produk biasa. Karena bahan yang digunakan sangat halus, perawatan bahan ini berbeda dari bahan biasa agar lebih tahan lama dan tetap nyaman digunakan. Berikut tips perawatan pakaian berbahan rayon terutama rayon spandex yang diintisarikan How to Wash Rayon | eHow dan How to Care for Rayon and Spandex Clothes | eHow sbb:
a. Sebaiknya pakaian dibersihkan dengan dry clean saja.
b. Kalaupun dicuci sebaiknya menggunakan tangan (Jika terpaksa, bisa pakai mesin cuci asal menggunakan air dingin dan tipe pencucian yang paling lembut atau kering)
c. Tangani dengan hati hati, jangan meremas terlalu kuat apalagi menyikatnya. Jangan meremas atau memutar bersamaan dengan sekelompok bahan lain apalagi bahan yang kasar seperti denim.
d. Rayon Spandex tidak boleh ditempatkan dalam pengering. Bahan ini akan kehilangan kekuatannya untuk meregang dan mengecil setelah dicuci dan ditempatkan dalam pengering karena pengering sifatnya menarik dan menjatuhkan bahan berulang kali.
e. Jika menggunakan bahan pemutih saat membersihkan rayon, itu harus non-klorin karena karakteristik bahan yang berpori (permeable) dapat dipengaruhi oleh pemutih dan menghasilkan sedikit perubahan warna.
f. Karena sifat rayon yang bernapas (breathable), maka akan cepat kering sendiri.
g. Kalaupun ingin dijemur, usahakan tidak terkena sinar matahari langsung.
h. Untuk penjemuran bisa digantung pada gantungan plastik atau gantungan kering yang empuk. Gantungan kawat akan meninggalkan bintik-bintik karat pada bahan. Gantungan yang keras bisa membuat baju kehilangan bentuknya, sebaiknya dikeringkan dengan datar.
i. Pengeringan terbaik adalah mengunakan rak pengering.
j. Kain rayon tidak mudah keriput, tetapi dapat juga disetrika dengan tingkat panas yang rendah dan dari sisi bagian dalam saja.
k. Jika harus menyetrika di sisi luar, sebaiknya tutupi dulu dengan kain lain sehingga rayon sisi luar tidak bersentuhan langsung dengan setrika.

Demikian tips perawatan pakaian dengan bahan Rayon/Rayon Spandex, semoga informasinya bermanfaat dan membuat kita lebih peduli terhadap pakaian yang kita miliki.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: