Kometzone's Blog

May 16, 2013

Serat Spandex

Filed under: Fashion — kometzone @ 1:08 pm

Melanjutkan lagi tulisan sebelumnya mengenai “Mengenal kain“ dan “Bahan Rayon (Rayon Fabric)”, berikut aku akan membahas salah satu jenis serat kain lainnya yaitu Spandex.

Menurut Wikipedia, Spandex atau elastane adalah serat sintetis yang dikenal sangat elastis. Serat spandex ini kuat, tapi kurang tahan lama dibandingkan pesaing utama yang non-sintetis yaitu natural latex. Serat Spandex adalah kopolimer poliuretan-polyurea yang diciptakan pada tahun 1959 oleh kimiawan CL Sandquist dan Joseph Shivers di DuPont Benger Laboratory di Waynesboro, Virginia. Ketika pertama kali diperkenalkan, spandex merevolusi berbagai bidang industri pakaian.

Menurut Teonline, Spandex ini ringan, lembut, kuat dan sangat elastis. Bahkan, serat Spandex dikembangkan sebagai alternatif untuk karet namun memiliki kualitas yang lebih baik daripada itu. Nama Lycra juga telah datang untuk menjadi sinonim dari Spandex. Lycra adalah merek dagang yang sangat populer sehingga semua jenis spandex disebut sebagai Lycra. Karena daya tahan dan stretchability, Spandex banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga dan pakaian kerja, khususnya untuk pekerja pabrik. Pakaian dari bahan ini seperti kulit kedua bagi pekerja yang terlibat dalam pekerjaan beresiko seperi operator mesin.

Karakteristik Spandex

Karakteristik paling signifikan dari Spandex adalah stretchability (kemampuan merentang/melonggaar) nya. Spandex ini dapat ditarik menjadi panjang dan besar dan kemudian dapat pulih dengan cepat ke bentuk aslinya. Spandex ini kenyataannya dapat ditarik ke hampir 500% dari panjangnya. Spandex ini ringan, halus, lembut dan lebih tahan lama dan memiliki kemampuan retractive (daya tarik/melar) lebih baik dari karet. Dengan demikian, ketika Spandex digunakan untuk membuat pakaian apapun, pakaian ini menjadi paling cocok, nyaman dan juga mencegah pengenduran dari garmen. Spandex ini juga heat-settable yang berarti memiliki kemampuan untuk berubah dari kain yang berkerut menjadi kain yang datar, atau kain datar menjadi bentuk bulat permanen. Serat Spandex dapat melawan kerusakan akibat dari minyak tubuh, keringat, lotion atau deterjen. Kain ini juga tahan abrasi.

Karakteristik Spandex diatas dan karakteristik Rayon yang dijelaskan pada Bahan Rayon inilah yang membuat MISLA memutuskan untuk menggunakan bahan blended berupa rayon spandex untuk MISLA Basic Series nya.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: